Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO

Amilia, Dwi Putri (2019) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Dwi_Putri_Amilia_15029005_2089_2019.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aritmetika sosial berdasarkan taksonomi SOLO. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Penyusunan soal tes dan level respon peserta didik berdasarkan tingkatan soal pada taksonomi SOLO. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek berjumlah sepuluh peserta didik kelas VII.1 SMPN 22 Padang. Rincian pengambilan subjek yaitu tiga subjek berkemampuan matematika tinggi, empat subjek berkemampuan matematika sedang, dan tiga subjek berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian diperoleh subjek cenderung melakukan (a) kesalahan konsep meliputi kesalahan dalam menggunakan rumus, kesalahan memahami maksud pemyataan yang ada pada soal, kesalahan menentukan langkah-langkah yang tepat untuk menyelesaikan soal; dan (b) kesalahan penarikan kesimpulan meliputi kesalahan penyimpulan pemyataan yang tidak sah dengan penalaran logis. Penyebab kesalahan tersebut adalah tidak terampil menggunakan rumus, kurang teliti, dan kebiasaan peserta didik yang tidak mengulang pelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:03
Last Modified: 27 Aug 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22728

Actions (login required)

View Item View Item