Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang

Mutia, Pratiwi Asdani (2019) Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Pratiwi_Asdani_Mutia_15022103_1656_2019.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti pada pembelajaran komputer anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Taman Kanak- Kanak Telkom Padang memiliki Program Ekstrakulikuler salah satunya adalah komputer. Pembelajaran komputer tersebut melibatkan seluruh kelas yang dimulai dari Kelompok Bermain (KB), Kelompok TK A, dan Kelompok TK B. Pembelajaran komputer di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang diberikan kepada seluruh kelas yang disesuaikan dengan tingkatan kelas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran komputer anak di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Data diolah dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta menggunakan teknik pengabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ditemukan (1) pembelajaran komputer bagi anak sangat perlu untuk diterapkan, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pendidik untuk dapat mengajarkan komputer kepada anak sejak usia dini. (2) Pembelajaran komputer tersebut dapat diterapkan menggunakan berbagai metode yang dapat memudahkan pendidik untuk mengenalkan dan mengajarkan komputer kepada anak seperti menggunakan metode kooperatif, metode tutorial, metode demonstrasi, metode latihan dan praktek, dan metode pembelajaran berupa permainan. (3) Didalam penerapannya masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru, anak, serta perangkat yang ada pada komputer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Aug 2019 08:07
Last Modified: 26 Aug 2019 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22721

Actions (login required)

View Item View Item