Delvia, Fadilla (2019) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan teori Bruner dengan teori Dienes kelas IV SD gugus 1 Kecamatan Sungai Puar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_Fadilla_Delvia_14129227_1360_2019.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan teori Bruner dengan teori Dienes pada kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Sungai Paur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik cluster sampling dengan sampel siswa kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa di SDN 14 Simpang Ampek. Data hasil belajar luas persegi dan persegi panjang dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 2,6875 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α=0,05, dk(21+23-2)=42 adalah 2,0181, sehingga thitung > ttabel.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan teori belajar Bruner dan teori belajar Dienes di kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Sungai Puar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 02:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:10 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22705 |
Actions (login required)
View Item |