Gambaran Bimbingan Kesejahteraan Keluarga Melalui Layanan Bina Keluarga Balita (BKB) di Taruko I Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang

Harafah, Putri Julita Mina (2019) Gambaran Bimbingan Kesejahteraan Keluarga Melalui Layanan Bina Keluarga Balita (BKB) di Taruko I Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Putri_Julita_Mina_Harafah_16005188_1614_2019.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan Bina Keluarga Balita (BKB) Taruko I Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang, terlihat tingginya persentase kehadiran ibu atau keluarga mengikuti kegiatan tersebut dan prestasi yang diraih oleh BKB. Peneliti melihat bahwa penyebab keberhasilan BKB tersebut karena bimbingan kesejahteraan keluarga yang dilakukan. Tujuan penelitian ini menggambarkan materi, media/APE, dan sikap penyuluh/kader dalam bimbingan kesejahteraan keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga BKB sebanyak 49 orang. Teknik penarikan sampelnya clusster random sampling sebanyak 30 orang. Teknik angket dalam pengumpulan data dengan alatnya daftar pernyataan. Teknik analisis data dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kesejahteraan keluarga melalui layanan Bina Keluarga Balita (BKB) di Taruko I Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang diperoleh kesimpulan bahwa 1). Gambaran bimbingan kesejahteraan keluarga melalui BKB dilihat dari segi materi dikategorikan cukup baik karena karena sebagian besar responden memberikan pernyataan sering. 2). Gambaran bimbingan kesejahteraan keluarga melalui BKB dilihat dari segi media/APE dikategorikan sangat baik karena karena sebagian besar responden memberikan pernyataan selalu. 3). Gambaran bimbingan kesejahteraan keluarga melalui BKB dilihat dari segi sikap penyuluh/kader dikategorikan sangat baik karena karena sebagian besar responden memberikan pernyataan selalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:29
Last Modified: 22 Aug 2019 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22704

Actions (login required)

View Item View Item