Dinamika Organisasi Sekolah (Studi Kasus: SD IT Ar-Rahman Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung)

Yasni, Silvia and Erianjoni, Erianjoni (2019) Dinamika Organisasi Sekolah (Studi Kasus: SD IT Ar-Rahman Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2 (3). pp. 340-347. ISSN 2622-1748

[img]
Preview
Text
37. SILVIA YASNI 340-347.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://perspektif.ppj.unp.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika SD IT Ar-Rahman Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung. Untuk menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori dari Talcott Parsons tentang struktural fungsional, khususnya dalam skema AGIL yaitu adaptation (A), goal (G), Integration (I), latency (L). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus instrumental. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, artinya peneliti menggunakan kriteria tertentu dalam memilih informan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika yang dialami oleh SD IT Ar-Rahman Palangki berupa pertumbuhan, perkembangan, dan adaptasi SD IT Ar-Rahman Palangki dengan lingkungannya agar dapat bertahan atau mencapai keseimbangan. Pertumbuhan, perkembangan, serta adaptasi yang dialami oleh SD IT Ar-Rahman Palangki tidak lepas dari dukungan ataupun campur tangan beberapa tokoh masyarakat Palangki.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:25
Last Modified: 22 Aug 2019 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item View Item