Husna, Asmaul and Junaidi, Junaidi (2019) Sekolah Daerah Tertinggal di Dusun Labuhan Dagang Desa Babussalam Kecamatan Pujud Riau. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2 (3). pp. 309-318. ISSN 2622-1748
|
Text
27. ASMAUL HUSNA 309-318.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui profil Sekolah Marginal di Dusun Labuhan Dagang Desa Babussalam Rokan Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penyelenggaraan pendidikan Marginal di Dusun Labuhan Dagang dilatarbelakangi oleh masyarakat Suku Sakai yang tinggal terisolir, serta merupakan masyarakat miskin dan suku terbelakang; (2) Sekolah Marginal Labuhan Dagang didirikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau berdasarkan usulan masyarakat dan bekerjasama dengan sekolah induk; (3) Proses belajar mengajar dilaksanakan menggunakan sistem paralel. Jam belajar di Sekolah Marginal sama dengan jam belajar di sekolah induk; (4) Ketersediaan sarana dan prasarana Sekolah Marginal berasal dari dana BOS siswa; (5) Hambatan dalam penyelenggaraan Sekolah Marginal dikarenakan letak geografis sekolah, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran, serta siswa yang sering absen karena membantu orangtua bekerja.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 |
Depositing User: | Rhavy Ferdyan, S.Sos |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 07:24 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 07:24 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22699 |
Actions (login required)
View Item |