Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 33 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Cahyani, Regika Rezi (2019) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 33 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Regika_Rezi_Cahyani_14129262_1510_2019.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas V SD Negeri 33 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah 23 orang siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 86,36% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,32% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 83,32 % (baik), dan siklus II 94,44 % (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 74,7 dan siklus II dengan rata-rata 87,1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:29
Last Modified: 22 Aug 2019 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item