Upaya Yang Dilakukan Sekolah Di Daerah Terpencil Menghadapi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Maulida, Khaira and Wirdanengsih, Wirdanengsih (2019) Upaya Yang Dilakukan Sekolah Di Daerah Terpencil Menghadapi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2 (3). pp. 245-252. ISSN 2622-1748

[img]
Preview
Text
18. KHAIRA MAULIDA 245-252.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: http://perspektif.ppj.unp.ac.id

Abstract

Pada artikel ini akan dibahas mengenai upaya apa saja yang dilakukan oleh sekolah di daerah terpencil menghadapi kebijakan UNBK. Permasalahan dalam penelitia ini akan dianalisis menggunakan teori Struktural Fungsional dari Talcott Parsons dengan menggunakan fungsi AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latten Pattern Maintenance). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pemilihan informan dengan teknik purposive sampling atau penarikan sampel secara sengaja agar mendapatkan data yang lebih akurat. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan sekolah di daerah terpencil menghadapi kebijakan UNBK yaitu di sekolah MTs.S H.ZAKARIA dimana mengingat adanya kebijakan terkait pelaksanaan UNBK sekolah sudah melakukan persiapan diantaranya yaitu meningkatkan cara belajar siswa, melaksanakan belajar tambahan yang lebih efektif dari tahun sebelumnya, memberikan pelatihan atau mengajarkan siswa cara menggunakan komputer. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam pelaksanaan UNBK nantinya sehingga siswa dapat lulus dengan hasil yang bagus.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:21
Last Modified: 22 Aug 2019 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22690

Actions (login required)

View Item View Item