Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Examples Non Examples Kelas X IIS 5 di SMA Negeri 16 Padang

Khoiriyah, Ummi and Junaidi, Junaidi (2019) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Examples Non Examples Kelas X IIS 5 di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2 (3). pp. 226-235. ISSN 2622-1748

[img]
Preview
Text
16. UMMI KHOIRIYAH 226-235.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://perspektif.ppj.unp.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 16 Padang khususnya pada kelas X IIS 5. Rendahnya pemahaman konsep siswa yang dijelaskan oleh guru pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X IIS 5 SMA Negeri 16 Padang. Berdasarkan hal tersebut upaya yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan adanya rancangan pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan model Examples Non Examples. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X IIS 5. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 16 Padang yang berjumlah 36 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 16 Padang. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan pemahaman kosep siswa pada kategori baik level tengah yaitu 70%. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan pemahaman konsep sosiologi siswa melalui penerapan model Examples Non Examples. Pemahaman konsep sosiologi siswa dari tahap pra tindakan sebesar 6,7% ke siklus I meningkat menjadi 52,25%. Kemudian dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 71,19%.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:13
Last Modified: 22 Aug 2019 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item View Item