Hubungan Keharmonisan Keluaga dengan Agresivitas Siswa di SMK N 1 Lubuk Sikaping

Aprinaldi, Eki (2019) Hubungan Keharmonisan Keluaga dengan Agresivitas Siswa di SMK N 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Eki_Aprinaldi_15086060_1587_2019.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya pelajar berperilaku agresivitas, seperti berkelahi, memukul, menendang, menyerang, mengejek orang lain, mengganggu teman belajar, melawan perkataan guru, dan melanggar tata tertib sekolah. Agresivitas merupakan perilaku negatif yang diduga salah satu faktor penyebabnya ialah keharmonisan keluarga yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keharmonisan keluarga siswa, (2) mendeskripsikan agresivitas siswa, dan (3) menguji hubungan keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK N 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 798. Jumlah sampel sebanyak 263 siswa dipilih dengan menggunakan teknik StratifiedProportional Random Sampling. Instrumen penelitia yang digunakan adalah anket keharmonisan keluarga dan angket agresivitas siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori cukup harmonis (2) agresivitas siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara keharmonisan keluarga siswa dengan agresivitas siswa dengan koefisien korelasi -0,536 yang berada pada taraf signifikansi 0,000 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK atau Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok kepada siswa, agar dapat membantu dan meminimalisir siswa terjerumus dalam agresivitas. Selanjutnya memberikan layanan informasi dan konseling keluarga untuk membantu meningkatkan kulitas keharmonisan keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:20
Last Modified: 21 Aug 2019 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22658

Actions (login required)

View Item View Item