Penggunaan Gaya Bahasa dalam Antologi Cerpen "Cermin Waktu" Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2011 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Afifah, U mmi (2019) Penggunaan Gaya Bahasa dalam Antologi Cerpen "Cermin Waktu" Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2011 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ummi_Afifah_1300848_2197_2019.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis gaya bahasa serta fungsi dari gaya bahasa tersebut yang terdapat dalam antologi cerpen "Cermin Waktu" Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2011 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Dengan demikian penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dengan jelas objek yang teliti. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika, yaitu analisis yang mengkhususkan pada bahasa yang digunakan pengarang dalam karya sastra. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu pertama, membaca secara terperinci antologi cerpen "Cermin Waktu" serta menandai kalimat-kalimat yang mengandung gaya bahasa. Kedua, menentukan jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang terdapat dalam antologi cerpen "Cermin Waktu". Ketiga, menentukan jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdapat dalam antologi cerpen "Cermin Waktu". Keempat, menentukan fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam antologi cerpen "Cermin Waktu". Kelima, menyimpulkan temuan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat ditemukan 4 j enis gaya bahasa, yaitu klimaks, antiklimaks, repetisi, dan antithesis. Gaya bahasa yang ditemukan berjumlah tuturan. Jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna ada dua macam, yaitu gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Gaya bahasa retoris ditemukan 7 jenis gaya bahasa, yaitu apostrof, asindenton, polisindenton, eufemismus, pleonasme, pertanyaan retoris, dan hiperbola. Jumlah tuturan gaya bahasa retoris sebanyak 63 tuturan. Gaya bahasa kiasan ditemukan 4 jenis gaya bahasa, yaitu persamaan, metafora, personifikasi, dan sinisme serta sarkasme. Jumlah tuturan gaya bahasa kiasan sebanyak 54 tuturan. Fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam antologi cerpen "Cermin Waktu" ditemukan 5 jenis fungsi gaya bahasa, yaitu mengkongkretkan 25 tuturan, menegaskan 88 tuturan, memperindah 24 tuturan, menghaluskan 2 tuturan, dan menyindir 4 tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:35
Last Modified: 21 Aug 2019 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22652

Actions (login required)

View Item View Item