Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Aldinata, Aldinata (2019) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ALDINATA_1302333_251_2019.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik diakibatkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan belum sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pemebelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Muhammadyiah 1 Padang. Jenis penelitian menggunakan jenis pre experimental dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL 1 SMK Muhammadyiah 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 28 orang peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan tiga kali posttest berupa soal objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving sebesar 70,96 dan nilai rata-rata posttest I, posttest II dan posttest III sebesar 74,40, 78,71 dan 80,29. Dari perhitungan Effect Size, dimana Effect Size antara pretest dengan posttest I sebesar 0,445 engan kategori kecil, Effect Size posttest I dengan posttest II sebesar 0,596 dengan kategori sedang, Effect Size posttest II dengan posttest III sebesar 0, 196 dengan kategori kecil sedangkan Effect Size antara pretest dengan posttest III sebesar 1,095 dengan kategori besar, artinya hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Crative problem Solving berdampak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Muhammadyiah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:15
Last Modified: 20 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item