Pengembangan Trainer Kontrol Motor Pada Mata Pelaj aran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI TITL di SMKN Muhammadiyah1 Padang

Habib, Rizqan (2019) Pengembangan Trainer Kontrol Motor Pada Mata Pelaj aran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI TITL di SMKN Muhammadiyah1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RIZQAN_HABIB_1203023_194_2019.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Padang menunjukkan bahwa trainer yang digunakan pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) khususnya pada kompetensi dasar mengoperasikan mesin produksi dengan pengendali elektromagnetik belum optimal. Perlu dilakukan pengembangan trainer pada topik tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan trainer kontrol motor yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan basil belajar peserta didik. Pada penelitian ini Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dengan langkah-langkah penelitian yaitu : (l)Potensi dan masalah, (2)Pengumpulan informasi, (3)Desain Produk, (4)Validasi desain, (5)Revisi desain, (6)Ujicoba Produk, (7)Ujicoba pemakaian, (8)Produk final. Validator trainer terdiri dari dosen ahli media pembelajaran, dosen ahli materi pembelajaran MSPE, dan guru mata pelajaran MSPE.Validitas trainer diketahui berdasarkan pendapat validator terhadap trainer yang dikembangkan.Kepraktisan trainer dilihat dari pendapat guru mata pelajaran dan siswa sctelah menggunakan trainer.Untuk mcngetahui efektifitas trainer dilihat dari penilaian kinerja siswa pada saat melakukan praktikum menggunakan trainer ini. Hasil validasi trainer yang dilakukan oleh 3 orang validator menyatakan bahwa rata-rata basil validasi yakni 89% dengan kategori sangat valid. Ujicoba pemakaian menunjukkan tingkat kepraktisan 90.20% oleh siswa sedangkan 95% oleh guru mata pelajaran maka dapat dikategori sangat praktis. Melalui penilaian kinerja (rubrik) terhadap 20 orang siswa diketahui bahwa 95% memperoleh basil belajar ~80 dengan nilai rata-rata 90. Dapat disimpulkan bahwa trainer kontrol motor ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:15
Last Modified: 20 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item