Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Erwanto, Erwanto (2019) Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ERWANTO_17063120_142_2019.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengunaan media pembelajaran masih dalam bentuk persentase dan pembelajaran yang berpusat pada guru, pengunaan media pembelajaran sebatas pada Guru mata pelajaran tidak diberikan kepada siswa sehingga berdampak pada minata belajar siswa, motivasi siswa dan kurangnya bahan belajar siswa dirumah. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Interaktif berbasis Lectora Inspire yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, menumbuh motivasi dan juga sebagai acuan bagi guru dan sekolah untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif di SMK Negeri 2 Bener Meriah. Penelitian pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif mengunakan Metode pengembangan Research and Develovment (R&D). Metode penelitian dan pengembangan yang dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk meneliti, merancang, mengembangkan, menguji validitasi produk yang telah dihasilkan dan evaluasi. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah menggunakan model (ADDIE) Analisis, Design, Develop, Implementasi, dan Evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bener Meriah dengan subjek penelitian kelas X TITL berjumlah 17 siswa tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dengan menggunakan angket Validitas, Praktikalitas, dan dengan uji Posttest sebagai data efektifitas, Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptifkuantitatif. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa tahapan untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Lectora Inspire dengan proses tahapan lndetifikasi (Analisis), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Evaluasi (Evaluate). Multimedia pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan Validator 3 orang dengan skor 89.0. Multimedia Pembelajaran Interaktif dinyatakan praktis dengan angket kepraktikalitasan oleh Guru sebesar 80,0 % dan angket peserta didik dengan skor 88,4. Keefektifan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif dinyatakan efektif dengan ketuntasan belajar sebesar 88,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:15
Last Modified: 20 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22628

Actions (login required)

View Item View Item