Pengembangan Training Kit Kendali Elektronik Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik Di SMK Negeri 2 LubukBasung

Anwar, Anwar (2019) Pengembangan Training Kit Kendali Elektronik Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik Di SMK Negeri 2 LubukBasung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ANWAR_1201881_363_2019.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran mengoperasikan sistem kendali elektronik belum optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Belum optimalnya tujuan pembelajaran maka, dilakukan pengembangan media pembelajaran training kit kendali elektronik yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui validitas training kit, (2) mengetahui kepraktisan training kit, (3) mengetahui efektifitas training kit, (4) menghasilkan produk berupa training kit kendali elektronik, (5) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media training kit kendali elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produk final. Validator training kit terdiri dari dosen ahli media pembelajaran, dosen ahli materi pembelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik, dan guru mata pelajaran MSKE. Validitas training kit diketahui berdasarkan pendapat validator terhadap training kit yang dikembangkan. Kepraktisan training kit dilihat dari pendapat guru mata pelajaran dan siswa setelah menggunakan training kit. Efektifitas training kit dilihat dari penilaian kinerja siswa pada saat melakukan praktikum menggunakan training kit ini. Hasil validasi training kit yang dilakukan oleh 3 orang validator yaitu validator I dengan hasil 86%, validator II dengan hasil 93 %, validator III dengan hasil 94% menyatakan bahwa persentase rata-rata hasil validasi yakni 91 % dengan kategori sangat valid. Ujicoba pemakaian menunjukkan tingkat kepraktisan 89,42% dengan kategori sangat praktis. Melalui penilaian kinerja (rubrik) terhadap 32 orang siswa diketahui bahwa 93,75% memperoleh hasil belajar ? 75 dengan nilai rata-rata 87,75. Dapat disimpulkan bahwa training kit kendali elektronik ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:15
Last Modified: 20 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item View Item