Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs

Zettia, Novi (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Novi_Zettia_14030131_2117_2019.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan. pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berdasarkan wawancara dengan ibu Logita Candra Gusrini, S.Pd., guru IPA di SMPN 3 Padang, terungkap bahwa SMPN 3 Padang telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun 2017. Selama proses pembelajaran peserta didik menggunakan buku kelas VII dari Kemendikbud terbitan 2017 dan LKPD. LKPD tesebut belum memuat soal-soal dalam bentuk analisis, evaluasi dan mencipta sehingga kurang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau (HOTS) peserta didik. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKPD berorientasi HOTS pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahapan dari model 4-D (four-D models). tahap define meliputi analisis awal- akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKPD berorientasi HOTS. Tahap develop dilakukan uji validitas LKPD oleh 4 orang validator dan uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 30 peserta didik SMPN 3 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan LKPD berorientasi HOTS pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs yang sangat valid dengan nilai 91,87%, sangat praktis dengan nilai 93,24% oleh guru dan praktis dengan nilai 86,04% oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan LKPD berorientasi HOTS pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:47
Last Modified: 20 Aug 2019 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22611

Actions (login required)

View Item View Item