Pengembangan Modal Bentuk Molekul Berbasis lnkuiri TerstrukturDengan Penekanan Pada Level Submikroskopik Menggunakan Pemodelan Untuk Kelas X SMA

Sholehah, Prima Sani (2019) Pengembangan Modal Bentuk Molekul Berbasis lnkuiri TerstrukturDengan Penekanan Pada Level Submikroskopik Menggunakan Pemodelan Untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Prima_Sani_Sholehah_15035007_1762_2019.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah mengembangkan modul bentuk molekul berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada level submikroskopik menggunakan pemodelan serta menentukan validitas dan praktikalitas modul. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah model Four-D (4-D) yang terdiri dari empat langkah: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada langkah pengembangan. Instrumen penelitian adalah lembar validasi dan praktikalitas. Modul ini divalidasi oleh 5 orang validator. Praktikalitas modul diuji oleh 2 orang guru kimia dan 30 siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMAN 14 Padang). Data validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan rumus kappa Cohen. Rata-rata momen kappa dari 5 orang validator adalah 0,90 dengan kategori validitas sangat tinggi. Rata-rata momen kappa dari guru dan siswa adalah 0,91 dan 0,85 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul bentuk molekul berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada level submikroskopik menggunakan pemodelan telah valid dan praktik untuk digunakan pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:46
Last Modified: 20 Aug 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22607

Actions (login required)

View Item View Item