Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan

Rezki, Mawarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Mawarni_Rezki_15031016_1845_2019.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 4 Koto XI Tarusan menunjukkan bahwa, pelaksanaan proses pembelajaran masih terpusat kepada guru sehingga peserta didik kurang aktif mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu solusi untuk membentuk peserta didik menjadi aktif, salah satunya adalah model Student Facilitator and Explaining (SFE). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe SFE terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi pemanasan global kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi data kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kompetensi pengetahuan adalah soal tes akhir (posttest), kompetensi sikap menggunakan lembar observasi penilaian sikap selama proses pembelajaran, dan kompetensi keterampilan menggunakan lembar penilaian produk. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada kompetensi belajamya. Serta uji normalitas dan homogenitas menunjukkan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa kompetensi pengetahuan (2, 73> 1,68), kompetensi sikap (2,44> 1,68), dan kompetensi keterampilan (2,77> 1,68). Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SFE berpengaruh positif secara signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi pemanasan global kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:46
Last Modified: 20 Aug 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22606

Actions (login required)

View Item View Item