Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMAN 1V Koto Kampung Dalam

Febriani, Wita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMAN 1V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Wita_Febriani_15031025_1732_2019.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran STAD bermuatan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IP A di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 3,80 > ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 3,61 > t1abel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,00 > t1abel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga penerapan model STAD bermuatan literasi sains dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:46
Last Modified: 20 Aug 2019 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22605

Actions (login required)

View Item View Item