Analisis Isi Pesan Nilai dalam Suratkabar Singgalang untuk Pengembangan Materi pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Isnarmi, Isnarmi and Indrawadi, Junaidi (2016) Analisis Isi Pesan Nilai dalam Suratkabar Singgalang untuk Pengembangan Materi pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 1 (1). pp. 13-24.

[img]
Preview
Text
421-836-1-SM.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Media massa merupakan sarana dalam mencari informasi yang cukup dipercaya oleh masyarakat. Penelitian ini justru dilatarbelakangi oleh banyaknya guru PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) saat ini yang menugaskan siswa untuk menggunakan media massa sebagai sumber belajar. Hal ini sebagai konsekuensi pelaksanaan Kurikulum 2013, yang menghendaki siswa mengumpulkan informasi di luar buku teks. Namun, ada yang terlewatkan dari perhatian guru, yaitu bagaimana menggali nilai dari teks yang dibaca. Penelitian ini bertujuan, pertama, untuk membantu proses pembelajaran dengan menelaah isi berita utama suratkabar, yang memuat pesan-pesan nilai spiritual dan sosial; serta, kedua, dapat menjadi model bagi guru dalam menggunakan media massa sebagi sumber belajar. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi analisis teks, nilai spiritual yang paling banyak ditemukan adalah “tanggungjawab” dan dibawah itu adalah “nilai keadilan”; serta nilai sosial yang terbanyak adalah “nilai tanggungjawab sosial”, dengan nilai dibawah itu adalah “kepedulian”. Oleh karena itu, pengggunaan media massa sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn perlu memperhatikan beberapa pertimbangan, seperti kualitas media, serta keterampilan dalam membaca secara kritis.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 May 2016 04:46
Last Modified: 14 May 2016 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item