Kontribusi Keterampilan Menyimak Teks Laporan Hasil Observasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas

Tanjung, Jaka Ernasdi (2019) Kontribusi Keterampilan Menyimak Teks Laporan Hasil Observasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Jaka_Ernasdi_1205158_2153_2019.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kontribusi korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 152 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 30%. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi dan tes objektif keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis sebesar 82, 11. Kedua, keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 81,02. Ketiga, keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi memiliki kontribusi sebesar 58,22% terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas dan selebihnya (41,78%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas. Dengan demikian, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi "Terdapat kontribusi keterampilan menyimak teks laporan hasil observasi terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang Kapas" diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:47
Last Modified: 16 Aug 2019 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item View Item