Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Putri, Ranti Dwi (2019) Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_01_Ranti_Dwi_Putri_15016124_2194_2019.pdf

Download (785kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama,mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakanteknik Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 225 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks fabelsebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata- rata 65,49. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW)siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,82.Ketiga,berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - lkarena thitung>t1abel, yaitu 3,19> 1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Teknik Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Oleh karena itu, teknik ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative model pembelajaran keterampilan menulis teks fabel di tingkat SLTP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:15
Last Modified: 14 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22557

Actions (login required)

View Item View Item