Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang

Martin, Savira Efyana (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Savira_Efyana_Martin_15016024_2128_2019_.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri atas tiga tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Kedua, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Ketiga, untuk mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 219 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca teks laporan hasil observasi sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (76,31). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata (80,03). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan n-2 karena thitung>ttabet yaitu 17,27> 1,68. Berdasarkan perolehan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Keterampilan siswa menulis teks laporan hasil observasi sangat ditentukan o leh keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa. Semakin terampil siswa membaca teks laporan hasil observasi, semakin terampil pula siswa menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:15
Last Modified: 14 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item