Level of Public Speaking Anxiety and Coping Strategy Used by English Debaters at Unit Kegiatan Bahasa Asing in Dealing with English Debate

Hidayoza, Prima (2019) Level of Public Speaking Anxiety and Coping Strategy Used by English Debaters at Unit Kegiatan Bahasa Asing in Dealing with English Debate. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Prima_Hidayoza_1305361_1229_2019.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara di depan umum, tipe strategi yang digunakan, dan korelasi antara berbicara di depan umum dengan tipe strategy oleh pendebat Bahasa Inggris di Unit Kegiatan Bahasa Asing pada Debat Bahasa Inggris. 24 pendebat Bahasa Inggris dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dipilih sebagai responden dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian descriptif-kuantitatif. Data didapatkan dengan membagikan 2 jenis kuisioner. Kuisioner pertama yaitu PRPSA (Personal Report of Public Speaking Anxiety) dari McCroskey (1970), adalah laporan personal yang digunakan untuk mengukur level kecemasan subjek penelitian. Kuisioner kedua yaitu Coping Strategy dari Kondo dan Yang (2004), digunakan untuk mengetahui strategi dalam menghadapi kecemasan berbicara di depan umum terhadap subjek penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa subjek penelitian mengalami kecemasan berbicara di depan umum pada debat Bahasa Inggris dalam tingkat menengah, dengan tipe peer seeking, preparation, dan positive thinking sebagai tipe strategi yang paling banyak digunakan. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa tidak adanya korelasi antara tingkat kecemasan berbicara di depan umum dalam debat Bahasa Inggris dengan tipe stratetegi yang digunakan. Namun jika dibandngkan dengan masing-masing strategi ditemukan bahwa peer seeking yang memiliki korelasi dan hubungan negative dengan level kecemasan berbicara di depan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:56
Last Modified: 13 Aug 2019 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item