Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Nefira, Mutiara Rama (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Mutiara_Rama_Nefira_14016039_1069_2019.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang setelah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 241 siswa yang terbagi menjadi delapan kelas, yaitu kelas VIIl.1, VIIl.2, VIIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII.7, dan VIII.8. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 29 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes kepada sampel penelitian berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup dengan nilai rata-rata 53,45. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup dengan nilai rata-rata 70, 11. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan(dk) = n - 1 karena thitung>ttabel, yaitu 4,59> 1,70. Hal itu berarti l terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N egeri 25 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:00
Last Modified: 12 Aug 2019 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item