Akuntabilitas Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Dana Desa (Studi Empiris pada Desa-Desa di Wilayah Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman).

Pratiwi, Rahmadia (2019) Akuntabilitas Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Dana Desa (Studi Empiris pada Desa-Desa di Wilayah Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMADIA_PRATIWI _14043013_1166_2019.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa di empat desa kecamatan Pariaman utara, kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penatausahaan dilakukan oleh bendahara desa baik berupa transaksi penerimaan, belanja maupun pembiayaan. Penerimaan terjadi keterlambatan penerimaan dana desa dikarenakan adanya regulasi dari pemerintah pusat terlambat terbit. Belanja desa juga terdapat beberapa kendala dalam proses pengajuan dana, karena ada beberapa sistem verifikasi dan otorisasi transaksi belanja yang belum sesuai aturan yang berlaku. Pembiayaan desa, pemanfaatan modal investasi yang dilakukan oleh desa terkait pembiayaan masih belum maksimal; (2) pelaporan dana desa terjadi keterlambatan pada tahap I dan II, hal ini disebabkan karena pencairan dana yang terlambat turun sehingga penyampaian pelaporan juga terlambat; (3) pertanggungjawaban dana desa sudah dilakukan oleh aparat desa dengan penyampaian kinerja pemerintah desa kepada masyarakat melalui media informasi yang mudah di akses masyarakat desa. Agar penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa berjalan dengan baik maka diperlukan regulasi yang terbit tepat waktu. Proses penatausahaan diharuskan melengkapi persyaratan verifikasi dan otorisasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:42
Last Modified: 09 Aug 2019 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22505

Actions (login required)

View Item View Item