Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara

Srimelisa, Defni (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Defni_Srimelisa_14016059_782_2019.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. J enis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara berada pada kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi berkontribusi sebesar 47,20% terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsinya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:42
Last Modified: 09 Aug 2019 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item