Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Dewi, Pus pita (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Puspita_Dewi_15016050_1904_2019.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. J enis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 254 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,25. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,3 7. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel 4,49>2,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:00
Last Modified: 02 Aug 2019 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22381

Actions (login required)

View Item View Item