Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang

Sari, Anggun Permata (2019) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Anggun_Permata_Sari_15016081_1928_2019.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 171 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 43 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang lingkungan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,48 . Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,49. Ketiga, terdapat kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebesar 59,44%. Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik penguasaan kosakata bidang lingkungan (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Dengan demikian, diperlukan penguasaan kosakata yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:59
Last Modified: 02 Aug 2019 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item