Pengaruh Jumlah Kunjungang Wisatawan Mancanegara, Rata-Rata Pengeluaran dan Tingkat Hunian Hotel terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata di Indonesia.

Munanda, Rizki (2019) Pengaruh Jumlah Kunjungang Wisatawan Mancanegara, Rata-Rata Pengeluaran dan Tingkat Hunian Hotel terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RIZKI_MUNANDA_1207328_1327_2019.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ( 1) Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terhadap pendapatan sektor pariwisata di Indonesia, (2) Pengaruh rata-rata pengeluaran terhadap pendapatan sektor pariwisata di Indonesia, (3) Pengaruh tingkat hunian hotel terhadap pendapatan sektor pariwisata di Indonesia. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan penelitian deskriptif dan asosoatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan bersifat data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan situs Kementrian Pariwisata dari tahun 1986 sampai dengan tahun 2016. Jenis data dalam penelitian ini adalah time series.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan induktif. Analisis ini menggunakan model Ordinary Linear Square (OLS). Berdasarkan penelitian yang telah dilakuakan menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terhadap pendapatan sektor pariwisata, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara pengeluaran wisawatan terhadap pendapatan sektor pariwisata, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat hunian hotel terhadap pendapatan sektor pariwisata. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, rata-rata pengeluaran dan tingkat hunian hotel terhadap pendapata sektor pariwisata di ndonesia pada taraf signifikan 0.05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar pemerintah lebih memfokuskan lagi terhadap pengembangan dan pengelolaan industri pariwisata di Indonesia mengingat sektor pariwisata merupakan sektor yang memiliki peran yang besar dalam pendapatan per kapita negara. Pada peneliti selanjutnya, penulis menyarankan agara meneliti faktor lain selain faktor yang telah dikemukakan dalam penelitian in, karena diduga masih banyak faktor yang mempengaruhi pendapatan sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:59
Last Modified: 02 Aug 2019 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22362

Actions (login required)

View Item View Item