Model Emvironmental Print untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Berbasis Keluarga

Ismaniar, Ismaniar and Jamaris, Jamaris and Wisroni, Wisroni Model Emvironmental Print untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img] Text
1_81_lapakh_LaporanakhirPPT2018ismaniar.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah kurang berkembangnya kemampuan membaca awal pada anak usia 4-5 tahun. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih rendahnya partisipasi orang tua dalam memberikan stimulasi kemampuan membaca pada anak sejak usia dini. Upaya pengembangan kemampuan membaca pada anak lebih dipusatkan di lingkungan sekolah. Padahal secara kuantitatif waktu yang dihabiskan anak dalam kehidupan kesehariannya lebih banyak di lingkungan keluarga. Berdasarkan kenyataan tersebut maka jika stimulasi pengembangan kemampuan membaca juga di lakukan di lingkungan keluarga tentunya penguasaan keterampilan membaca anak bisa lebih dioptimalkan. Namun dalam pelaksanaannya tentunya harus dilakukan dengan cara-cara yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan suatu model alternatif bagi orangtua dalam menstimulasi kemampuan membaca pada anak di dalam keluarga. Pada tahun pertama, penelitian ini menghasilkan disain model environmental print, draft buku panduan pelaksanaan model dan instrument asesmen perkembangan kemampuan membaca pada anak. Pada tahun kedua penelitian ini akan dilakukan uji efektifitas model serta uji pakar sehingga akan menghasilkan buku panduan pelaksanaan model dan instrument asesmen perkembangan kemampuan membaca anak serta buku ajar tentang model environmental print untuk stimulasi perkembangan kemampuan membaca anak yang diperuntukkkan bagi mahasiswa, orangtua anak usia dini maupun masyarakat umum . Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan disain Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dalam keluarga di Kota Padang yang diambil secara purporsive random area. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sebagai berikut; (1) chek list hasil observasi lapangan yang terdiri dari lembar observasi dan wawancara, (2) chek list hasil tes kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun, (3) Instrumen uji pakar, (4) catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun pertama dapat disimpulkan bahwa (1) Peran serta Orangtua daam stimulasi pengembangan kemampuan membaca awal anak masih kurang. Stimulasi kemampuan membaca awal pada anak lebih banyak diserahkan kepada pendidik yang ada di lembaga PAUD, padahal waktu anak dalam keseharian lebih banyak di habiskan dalam lingkungan keluarga.(2) Model environmental print berbasis keluarga merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang melalui proses kajian teoritis yang mendalam tentang besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan setiap anak. Model ini dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik anak usia dini serta gaya belajar anak usia dini yang berbeda-beda. Untuk optimalnya hasil yang diperoleh, maka model ini dilengkapi dengan buku panduan, media pembelajaran dan instrument penilaian perkembangan kemampuan membaca awal anak. Dan (3) Hasil ujicoba I model environmental print ini menunjukkan bahwa model ini cukup efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini.menunjukkan bahwa model environmental print cukup. Luaran yang telah dicapai pada tahun pertama pelaksanaan penelitian ini adalah 1) draft disain model environmental print, 2) draft buku panduan model, 3) draft instrumen instrumen asesmen kemampuan membaca awal AUD, 4) artikel hasil penelitian disampaikan pada seminar internasional NFEIC dan diterbitkan pada prosiding internasional terindeks Atlantis Prees, 5) artikel hasil penelitian terbit di jurnal tidak terakreditasi ber e-ISSN (Kolokium), 6) Artikel hasil penelitian disampaikan seminar nasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:26
Last Modified: 30 Jul 2019 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item