Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang

Ayuni, Qurrata (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Qurrata_Ayuni_15016123_795_2019.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Ketiga, menjelaskan hubungan antara keterampilaan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 254 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 15% menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks deskripsi dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar78,86. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata- rata hitung tes menulis teks deskripsi sebesar79,69. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siwa kelas VII SMP Negeri 20 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. HO ditolak dan HI diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada 1tabel 11,54 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan keterampilan membaca pemahaman dengana keterampilan menulis teks deskripsi memiliki hubungan pada taraf siginifikan 95% yaitu thitung lebih besar daripada 1tabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:26
Last Modified: 30 Jul 2019 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item