Korelasi Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti

Yani, Yosi Andre (2019) Korelasi Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yosi_Andre_Yani_15016076_771_2019.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan memahami teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siwa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 272 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah tingkat pemahaman teks hasil observasi dan keterampilan menulis teks hasil observasi. Skor dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif untuk mengumpulkan data keterampilan memahami teks laporan hasil observasi dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Terdapat tiga simpulan dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai 74,57. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti berada pada kualifikasi baik dengan nilai 76,56. Ketiga, keterampilan memahami teks laporan hasil observasi memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti sebesar 85%, sedangkan sisanya sebesar 15% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:26
Last Modified: 30 Jul 2019 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item