Teaching Writing Procedure Text by Using Jot Thoughts Technique to JuniorHigh School Students

Rahmadani, Istiqamah (2019) Teaching Writing Procedure Text by Using Jot Thoughts Technique to JuniorHigh School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Istiqamah_Rahma_Dani_1201029_1345_2019.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013, yaitunya kurikulum yang sedang digunakan di Indonesia, siswa diwajibkan untuk bisa menulis. Namun, mengajarkan siswa menulis bukanlah hal yang mudah, dan mengajarkan mereka menulis dengan menggunakan teknik biasa atau konvensional kadang terasa kurang efektif. Oleh karena itu, guru harus memiliki inisiatif untuk menggunakan teknik mengajar khusus yang diharapkan dapat membuat siswa menulis. Guru dalam hal ini perlu memilih teknik mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu teknik mengajar yang cocok untuk digunakan adalah Jot Thoughts. Teknik ini bisa digunakan untuk semua jenis teks, khususnya procedure text. Dalam penerapannya, guru terlebih dahulu membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap anggota dalam satu kelompok harus membantu anggota lainnya karena tujuan kegiatan haruslah dicapai secara berkelompok. Dengan kata lain, Jot Thoughts adalah kegiatan kelas yang dilakukan secara berkelompok. Awalnya, siswa diberikan beberapa pertanyaan dan waktu berpikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setiap siswa harus terlibat dengan menuliskan jawaban dari setiap pertanyaan di kertas kecil yang sudah disediakan. Setelah semua pertanyaan terjawab, siswa secara berkelompok mengumpulkan jawaban dan berdiskusi. Mereka memilah dan memilih mana jawaban yang bisa digunakan dan mana yang pantas untuk dibuang. Jawaban-jawaban tersebut kemudian disusun menjadi sebuah text yang padu. Teknik ini bagus untuk digunakan dan sangat disarankan. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Namun, dari itu semua yang paling penting adalah, siswa setelah melalui kegiatan tersebut akan memiliki anggapan bahwa menulis adalah kegiatan yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22316

Actions (login required)

View Item View Item