Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang

Rahman, Abdul (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Abdul_Rahman_1205251_1430_2019.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 270 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Data penelitian berupa skor keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang berkualifikasi baik, dengan rata-rata nilai 77,64. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang berkualifikasi lebih dari cukup, dengan rata-rata nilai 73,38 berada di bawah KKM (75). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang pada taraf signifikan 0.05 dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 6, 70 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Padang dengan tingkat kepercayaan 95%. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa baik, maka keterampilan menulis teks eksposisi siswa juga baik, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item