Kontribusi KeterampilanMembaca Apresiatif Teks Cerita Fabelterhadap Keterampilan Mereproduksi Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Nusri, Nadiatul (2019) Kontribusi KeterampilanMembaca Apresiatif Teks Cerita Fabelterhadap Keterampilan Mereproduksi Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nadiatul_Nusri_14016110_531_2019.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabelsiswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan mereproduksiteks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabel terhadap keterampilan mereproduksi teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 254 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabeldan skor hasil tes keterampilan mereproduksi teks cerita fabel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82,01. Kedua, keterampilan mereproduksi teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,94. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabelterhadap keterampilan mereproduksi teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang sebesar 84,82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabelberkontribusi terhadap keterampilan mereproduksi teks cerita fabel. Semakin baik keterampilan membaca apresiatif teks cerita fabelakan semakin baik pula keterampilan mereproduksi teks cerita fabel. Dengan demikian, untuk terampil mereproduksi teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang, diperlukan keterampilan membaca apresiatif yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item