Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Apriani, Cindya (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Cindya_Apriani_15016004_2043_2019.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sebelum menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 250 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64,38. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 83,60. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 1 karena thitung>ttabel, yaitu 7,63> 1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP N egeri 8 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64,38. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas VII SMP N egeri 8 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 83,60. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item