Persepsi Mahasiswa tentang Peranan Mata Kuliah Micro Teaching terhadap Kesiapan Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.

Azizah, Nur (2019) Persepsi Mahasiswa tentang Peranan Mata Kuliah Micro Teaching terhadap Kesiapan Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_AZIZAH_14053083_1080_2019.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Micro teaching merupakan salah satu mata kuliah perilaku berkarya yang wajib diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Mata kuliah micro teaching diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk mengajar saat terjun ke lapangan karena tujuan dari micro teaching adalah memberikan pengalaman mengajar yang nyata bagimahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang peranan mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan mengajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP angkatan 2014 yang telah menyelesaikan mata kuliah micro teaching dan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) berjumlah 84 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh (total sampling) sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan induktif menggunakan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi dengan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi mahasiswa tentang peranan mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan mengajar mahasiswa yaitu dengan sig 0,000 < 0,05.Namun mahasiswa calon guru masih hams diberikan pelatihan dan bimbingan lagi agar mampu mengadakan variasi saat mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:24
Last Modified: 26 Jul 2019 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

View Item View Item