Perencanaan Teknis dan Anggaran Biaya Sistem Penyaliran Tambang Pada Tambang Terbuka Batu Andesit PT. Ansar Terang Crushindo Pangkalan, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat

Wirmanto, Wirmanto (2019) Perencanaan Teknis dan Anggaran Biaya Sistem Penyaliran Tambang Pada Tambang Terbuka Batu Andesit PT. Ansar Terang Crushindo Pangkalan, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_WIRMANTO_1102377_866_2019.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

PT. Ansar Terang Crushindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bi dang pertambangan batu andesit yang terletak di Jorong Pauah Anok N agari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Kabupaten 50 kota Sumatera Barat. Sistem penyaliran yang diterapkan di tambang batu andesit PT. Ansar Terang Crushindo adalah sistem mine dewatering, Pada saat musim penghujan debit air limpasan yang masuk ke dalam tambang juga semakin tinggi hal ini menyebabkan meningkatnya volume air yang terakumulasi pada sump sehingga sump meluap dan tidak dapat menampung air yang masuk. Air yang telah terkumpul pada sump akan dipompakan menuju saluran terbuka untuk nanti dialirkan kembali keluar tambang menuju sungai. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan kebutuhan pompa serta dimensi saluran terbuka untuk mengalirkan . . . air menuju sungai. Daerah tangkapan hujan pada Tambang Batu Andesit PT. Ansar Terang Crushindo (ATC) seluas 3,1 hektar. Kapasitas maksimal sump untuk menampung air limpasan adalah sebesar 3050 m '. Debit minimal pompa yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air adalah 0,00553 m3 /detik dan waktu pemompaan minimal 9 jam per hari. Hasil dari pemompaan dialirkan ke saluran terbuka, bentuk penampang saluran terbuka yang dibuat adalah trapesium dengan dimensi lebar atap saluran (B) 1 m, lebar lantai saluran (b) 0,5 m, tinggi saluran (h) 0,5 m. Kemudian dari saluran terbuka diteruskan ke kolam pengendapan lumpur (settling pond) yang memiliki 2 kompartemen. Total biaya keseluruhan untuk sistem penyaliran tambang sebesar Rp. 56.636.523,-.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:24
Last Modified: 26 Jul 2019 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22287

Actions (login required)

View Item View Item