Pengembangan Modul Pembelajaran Pada MataPelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI L2 Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N egeri 5 Padang

Hamdayani, Wahyudi Putra (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Pada MataPelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI L2 Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N egeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_WAHYUDI_PUTRA_HAMDAYANI_14063014_449_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Modul adalah suatu paket pengajaran yang bersifat self- instructional yaitu siswa mampu belajar mandiri tanpa ketergantungan pada orang lain. Namun pada kenyataannya, Siswa kelas XI SMK Negeri 5 pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik, tidak terjadi belajar mandiri karena belum tersusunnya modul pembelajaran dan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, modul adalah salah satu sarana yang sangat efektif digunakan untuk memahami materi secara mandiri dan mampu mengevaluasi diri, sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. J enis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (development), dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran pada mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik, yang dikembangkan pada kompetensi dasar memahami jenis dan karakteristik motor listrik, memahami macam-macam pengendali motor listrik, dan menjelaskna komponen-komponen pengendali motor listrik. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas XI Ll TITL dan siswa kelas XI L2 TITL SMK Negeri 5 Padang. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua dosen Teknik elektro dan guru mata pelajaran Instalasi Motor listrik sebagai validator ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas media adalah 91,67% dengan kategori valid, validitas materi rata-rata 88, 19% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas menurut siswa sebesar 87,12% dengan kategori praktis. Hasil efektivitas oleh siswa diperoleh 86,36% dengan kategori efektif. Dengan demikian modul yang dihasilkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Instalasi motor listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:57
Last Modified: 26 Jul 2019 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item