Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Bangkai di Kanagarian Alam Pauah Duo Kecamtan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan

Wahyuli, Indri (2019) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Bangkai di Kanagarian Alam Pauah Duo Kecamtan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Indri_Wahyuli_15017027_989_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan struktur cerita rakyat legenda Batu Bagkai di Kanagarian Alam Pauah Duo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan, (2) mendeskripsikan fungsi sosial cerita rakyat legenda Batu Bagkai di Kanagarian Alam Pauah Duo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Batu Bangkai di Kanagarian Alam Pauah Duo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman cerita, pencatatan, pengamatan dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi data dan; (4) tahap pelaporan. Hasil dari penelitian ini adalah struktur dan fungsi sosial cerita rakyat legenda Batu Bangkai. Struktur cerita meliputi: (a) penokohan, adanya tokoh utama dalam cerita adalah anak durhaka, ibu dan Si Dara dan beberapa tokoh sampingan; (b) alur dalam cerita rakyat legenda Batu Bangkai memiliki beberapa tahap, yaitu tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir; (c) latar dalam cerita rakyat legenda Batu Bangkai meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana; (d) gaya bahasa yang dituturkan oleh informan dalam cerita Rakyat Legenda Batu Bangkai, mudah dipahami dan menarik untuk didengar; (e) tema cerita rakyat legenda Batu Bangkai adalah anak durhaka (f) amanat yang terdapat dalam cerita yaitu; jangan durhaka kepada orang tua, saling tolong menolong sesama manusia, biasakan berkata jujur, bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat dan, tidak mudah berputus asa. Fungsi sosial yang terdapat dalam cerita rakyat legenda anak durhaka Batu Bangkai adalah menghibur, sarana pewarisan nilai budaya, mendidik dan kontrol sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:37
Last Modified: 25 Jul 2019 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item View Item