Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa pada Anak Autis Usia Dini

Marlina, Marlina and Irdamurni, Irdamurni (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa pada Anak Autis Usia Dini. Project Report. Pendidikan Luar Biasa FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_54_lapakh_2018LAPORANAKHIRIKKOK.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah mendasar yang dialami anak autis usia dini adalah masalah komunikasi baik ekspresif maupun reseptif. Untuk itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji profil pengembangan dan menyusun panduan yang aplikatif bagi guru untuk mengkaji pengembangan isyarat kata kunci (2) mengkaji pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengimplementasian model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini. Penelitian tahun I, dilakukan untuk mengkaji deskripsi kebutuhan profil pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini baik kebutuhan praktis maupun strategis yang meliputi kebutuhan anak autis usia dini dalam berkomunikasi, kebutuhan guru, kebutuhan institusional dan kebutuhan situasional. Tahun I menghasilkan produk berupa buku panduan penggunaan isyarat kata kunci dan CD aplikasi isyarat kata kunci, dengan menggunakan pendekatan kualitatif model pengembangan R2D2. Penelitian tahun II, dilakukan untuk pengimplementasian model pembelajaran isyarat kata kunci. Implementasi model pembelajaran isyarat kata kunci dilakukan untuk menguji efektivitas model dan mengkaji pengaruhnya terhadap kemampuan berkomunikasi ekpresif dan reseptif pada anak autis usia dini. Uji efektivitas dilakukan dengan eksperimen 15 sekolah autis di Sumatera Barat, dengan jumlah anak autis 75 orang. Kemampuan berkomunikasi anak autis dikumpulkan dengan tes dan analisis data menggunakan uji t.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:55
Last Modified: 25 Jul 2019 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22259

Actions (login required)

View Item View Item