Penerapan Evaluasi Formatif Dan Umpan Balik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Teknik Permesinan Bubut Smk Negeri 5 Padang

Rizki, Rahmat (2019) Penerapan Evaluasi Formatif Dan Umpan Balik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Teknik Permesinan Bubut Smk Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_RAHMAT_RIZKI_15067035_658_2019.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survei peneliti, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang kurang serius, melamun, bermain hand phone, ribut dan keluar masuk saat jam pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan evaluasi formatif dan juga umpan balik dari evaluasi tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2018. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan kreativitas belajar siswa setiap siklusnya dan lembaran tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata kreativitas siklus I adalah 56,69%, siklus II adalah 69,97% dan pada siklus III adalah 81,13%. Selain Kreativitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 56,25% dengan 9 siswa tuntas, pada siklus II adalah 75,00% dengan 12 siswa yang tuntas, dan pada siklus III adalah 87,50% dengan 14 siswa yang tuntas dari total 16 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan evaluasi formatif dan umpan balik dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat teknik permesinan bubut kelas XI teknik pemesinan SMK N egeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:07
Last Modified: 24 Jul 2019 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22223

Actions (login required)

View Item View Item