Hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan perkakas tangan Keahlian teknik permesinan Di smk negeri 2 banda aceh

Supardi, Supardi (2019) Hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan perkakas tangan Keahlian teknik permesinan Di smk negeri 2 banda aceh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_A_SUPARDI_17067140_98_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran perkakas tangan Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 97 orang siswa. Dengan mengambil sampel dari anggota populasi didapat sampel berjumlah 50 orang siswa. Dari hasil uji validitas angket minat belajar siswa pada mata diklat menggunakan perkakas tangan diperoleh 40 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 55 butir instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas di peroleh nilai r11 sebesar 0.931 maka disimpulkan instrumen penelitian yang di gunakan reliabel/handal. Minat belajar berada pada kategori sedang. Hal ini dapat dilihat melalui deskripsi data kuisioner yang disebarkan kepada 50 responden, di mana skor rata-rata yang diperoleh adalah 81,28 sedangkan skor tengah di peroleh sebesar 80. Hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari deskripsi data 50 responden yang diperoleh dari nilai pada semester II, dimana skor rata-rata yang diperoleh adalah 81,28 sedangkan skor tengah diperoleh sebesar 80,00. Dalam penelitian ini diperoleh harga koefisien korelasi minat belajar terhadap hasil belajar menggunakan perkakas tangan mata pelajaran perkakas tangan Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Banda Aceh sebesar 0,467 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,218 dari banyak faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini berarti minat belajar siswa berhubungan sebesar 21,8% dengan hasil belajar pada mata pelajaran menggunakan perkakas tangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran menggunakan perkakas tangan siswa kelas X Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:07
Last Modified: 24 Jul 2019 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item View Item