Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah dan Kualitas Sumberdaya Manusia di Provinsi Sumatera Barat.

Novela, Hanifa (2019) Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah dan Kualitas Sumberdaya Manusia di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_9_HANAFI_NOVELA_14060023_1339_2019.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi, pengeluaran pemerintah dan kualitas sumberdaya manusia di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif, dimana data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data panel dari tahun 2010 sampai tahun 2017 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan yang diperoleh dari lembaga dan instasi terkait. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Pada analisis induktifterdapat beberapa uji yaitu: (1) Uji Akar Unit (2) Uji Kointegrasi (3) Penentuan Lag Optimal (4) Uji Kausalitas Granger (5) Uji PVAR Hasil Penelitian ini memperlihatkan bahwa ( 1) pertumbuhan ekonomi dan pengeluaran pemerintah memiliki hubungan satu arah dimana pertumbuhan ekonomi mempengaruhi pengeluaran pemerintah dengan probabilitas =0,0486 sementara pengeluaran pemerintah tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan probabilitas =0,6132 (2) pertumbuhan ekonomi dan kualitas sumberdaya manusia memiliki hubungan satu arah dimana pertumbuhan ekonomi mempengaruhi kualitas sumberdaya manusia dengan probabilitas =0,0075 dan kualitas sumberdaya manusia tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan probabilitas =0,8402 (3) pengeluaran pemerintah dan kualitas sumberdaya manusia memiliki hubungan satu arah dimana pengeluaran pemerintah tidak mempengaruhi kualitas sumberdaya manusia dengan probabilitas =0.8251 dan kualitas sumberdaya manusia mempengaruhi pengeluaran pemerintah dengan probabilitas =0,0156 selama periode penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada pihak pemerintah agar dapat mengambil kebijakan dengan meningkatkan anggaran pengeluaran pemerintah dalam menunjang peningkatan kualitas sumberdaya manusia untuk dapat menjalankan roda perekonomian yang efektif dan efesien dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:39
Last Modified: 23 Jul 2019 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item