Analisa Deviasi Kualitas Batubara antara Hasil Sumproduct Channel Sampling dengan Penumpukan di Stockpile untuk Pemenuhan Kebutuhan PLTU pada Nine Brand Banko Barat S2 Low Sulfur )BB S2 L5) di PT Bukit Asam

Utama, Tiansi, Tiara (2019) Analisa Deviasi Kualitas Batubara antara Hasil Sumproduct Channel Sampling dengan Penumpukan di Stockpile untuk Pemenuhan Kebutuhan PLTU pada Nine Brand Banko Barat S2 Low Sulfur )BB S2 L5) di PT Bukit Asam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_TIANSI_TIARA_UTAMA_375_17080075_2019.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

PT Bukit Asam (Persero) Tbk merupakan salah satu peruasahan batubara perseroaan milik negara. Batubara yang ditumpuk di stockpile berasal dari beberapa front atau lokasi penambangan yang berbeda-beda kualitas yang telah dilakukan proses sampling channel sampling sebelum dilakukan penambangan. Permasalahan yang timbul dari kualitas batubara ini adanya kualitas batubara yang menyimpang dari kesepakan standar kualitas batubara yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghitung besamya perbedaan parameter kualitas batubara, mencari penyebab dan melakukan penanganan perbedaan kualitas batubara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan sampling analisa paramater kualitas batubara pada stockpile dan membandingkan dengan hasil sampling analisa parameter kualitas batubara pada sumproduct channel sampling, serta menganalisa faktor-faktor secara langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas batubara pada hasil sampling tersebut. Adapun deviasi yang terjadi pada nilai total sulfur antara sumproduct channel sampling dan stockpile meningkat mencapai 0,39% dan melebihi ambang batas permintaan konsumen khusunya PLTU yaitu maksimal 0,5% dan hal tersebutjuga berdampak pada penurunan nilai kalori batubara. Terjadinya peningkatan kualitas batubara ini disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut; faktor fresh coal, coal getting, kondisi front kerja, Proses sampling dan manajemen penumpukan di stockpile. Faktor-faktor tersebut yang harus dipantau, dianalisa, dan mencari upaya yang optimal sehingga tidak terjadi deviasi kualitas batubara dan dapat memberikan kepuasan pada pihak konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:35
Last Modified: 23 Jul 2019 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item