Kajian Teoritis Pengembangan Program dan Model Pembelajaran Berbasis ICT

Darmansyah, Darmansyah (2012) Kajian Teoritis Pengembangan Program dan Model Pembelajaran Berbasis ICT. In: International Seminar Technology of Education: Education Technology Development in Order to Increase Quality of Education, November 2012, Padang.

[img]
Preview
Text
Kajian Teoretis Pengembangan Program Dan Model Pembelajaran Berbasis ICT-Seminar Internasional - Darmansyah.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi di luar lingkungan pendidikan telah memicu dan memacu percepatan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis ICT. Sementara isu strategis yang mengemuka setelah lahirnya UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas adanya perubahan paradigma pembelajaran dari teacher center ke student center. Perubahan paradigma ini memungkinkan terjadinya proses individualisasi pembelajaran. Dalam implementasi individualisasi pembelajaran, maka teknologi khususnya ICT menjadi semakin penting, baik sebagai perangkat maupun media pembelajaran. Pengimplementasian individualisasi pembelajaran dalam rangka mendukung amanat undanundang yang mengharuskan pembelajaran di Indonesia menggunakan pendekatan student center, membutuhkan peran teknologi pembelajaran yang semakin besar. Pengembangan program dan model pembelajaran seharusnya dapat memfasilitasi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran mandiri yang didukung ICT berkualitas sesuai dengan teori dan konsep pembelajaran. Pembelajaran mandiri yang dilandasi oleh konsep dasar pembelajaran jarak jauh membutuhkan ketersediaan media dalam bentuk perangkat lunak maupun keras yang bermutu. Oleh karena itu pengembangan program dan model pembelajaran diarahkan pada pengembangan pembelajaran berbasis ICT. Program dan model pembelajaran berbasis ICT banyak ragamnya, tetapi yang paling mengemuka terkait dengan individualisasi pembelajaran adalah pembelajaran berbasis web. Pembelajaran berbasis web tentunya harus dilandasi dasar teori yang kuat, sehingga keberadaannya dapat menjadi pilihan utama yang sesuai tujuan pembelajaran. Namun banyak ditemukan pembelajaran berbasis web lemah dalam teori dan konsep. Bahan ajar, media dan perangkat pembelajaran berbasis web tersaji tanpa pertimbangan dan landasan teori yang memadai. Makalah ini akan menfokuskan pembahasan tentang landasan teoretis pengembangan program dan model pembelajaran berbasis web.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Jul 2019 01:45
Last Modified: 23 Jul 2019 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item View Item