Analisis Komparatif dalam Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2017.

Wulandari, Maylani (2019) Analisis Komparatif dalam Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MAYLANI_WULANDARI_15059056_1209_2019.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi financial distress pada perusahaan telekomunikasi dan melihat perbedaan score dari beberapa model prediksi kebangkrutan yaitu model Altman Modifikasi, Springate dan Zmijewski. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat tingkat akurasi dan error dari model prediksi kebangkrutan tersebut sehingga akan didapatkan model prediksi kebangkrutan yang cocok untuk perusahaan telekomunikasi. Objek penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu Laporan Keuangan dari Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di BEL Penelitian ini merupakan studi populasi yaitu penelitian yang menggunakan semua elemen yang ada dalam populasi untuk diteliti. Sehingga perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini mencakup seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu BTEL, EXCL, FREN, ISAT, dan TLKM. Pengujian hipotesis 1, 2, dan 3 dilakukan dengan uji beda Wilcoxon Match Pair Sample T-test. Basil yang didapatkan melalui uji ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan score yang signifikan antara model Altman Modifikasi, Springate, dan Zmijewski. Sedangkan untuk hipotesis 4 yaitu mengenai tingkat akurasi diperoleh bahwa model Zmijewski memiliki tingkat akurasi tertinggi, disusul dengan model Altman lalu Springate. Dari basil tersebut menunjukan bahwa model Zmijewski dinilai paling cocok untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan telekomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:56
Last Modified: 23 Jul 2019 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22181

Actions (login required)

View Item View Item