Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor dalam Belajar Matematika

Darmansyah, Darmansyah and Azwarman, Azwarman and Erdawati, Erdawati (2017) Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor dalam Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21 (2). pp. 39-67. ISSN 2579-4833 (online) dan 2008-3978 (Print)

[img]
Preview
Text
2. Jurnal TEKNODIK.pdf

Download (556kB) | Preview
Official URL: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/j...

Abstract

Rendahnya motivasi belajar, kurang kreatif, cepat bosan, sering jenuh, tegang saat mengikuti pelajaran, meningkatnya jumlah siswa keluar kelas, tingginya persentase siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaan rumah merupakan persoalan pelik yang sering muncul dalam pembelajaran Matematika di SMAN 7 Padang. Hal ini selain di sebabkan karakteristik Matematika yang abstrak, berhirarkhi dan sulit dipahami, juga akibat strategi mengajar yang diterapkan guru cenderung monoton, kurang menyenangkan dan membosankan bagi si swa, sehi ngga pembel aj aran menj adi ti dak efekt i f dan berdampak r endahnya capaian hasil belajar. Peneli ti an tindakan kelas yang mener apkan st rategi pembel aj aran meny e na n gk a n me l a l u i op t i ma l i sa s i j e d a s t r at e gi s menggunakan karikatur humor ini merupakan upaya untuk mengatasi sebagian masalah tersebut. Prosedur penel iti an adalah dengan memberikan isti rahat sejenak yang disebut jeda strategis selama 2-3 menit setiap periode waktu 30 menit pembelajaran. Saat jeda strategis berl angsung, gur u menyi si pkan gambar kari katur humor menggunakan trasparansi, sehingga dapat memancing siswa ketawa. Karikatur humor yang digunakan sebagai instrumen perlakuan didisain dan diadopsi dari berbagai sumber yang kemudian diseleksi melalui uji coba. Data mengenai reaksi s i s wa di k ump ul k a n mel al u i c a t at an p en ga ma t an ol eh kolaborator kemudian diperkuat dengan penyebaran angket kepada siswa dan data hasil belajar diperoleh melalui tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan “mean score”. Hasi l penel i ti an i ni mengungkapkan bahwa penayangan gambar karikatur humor dapat memancing siswa untuk ketawa secara bersama-sama di dalam kelas. Dari hasil anali sis observasi reaksi siswa saat jeda strategis, 83.94% siswa ketawa. Analisis angket mengungkapkan 86,33% siswa dapat tertawa dan menyatakan pembelajaran dengan penayangan karikatur humor dalam jeda strategis sangat menyenangkan. Hasil belajar siswa menunjukkan angka rata-rata 71,89 yang relatif lebih tinggi daripada capaian hasil belajar sebelumnya. Dengan demikian optimalisasi jeda strategis melalui sisipan k ar i k a t u r hu mo r d apat me n c i p t ak a n Pembel aj ar an menyenangkan dan berdampak positif terhadap peningkatan capaian hasil belajar.. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi para guru dan peneliti lain dalam melaksanakan tugas pembelajaran maupun dalam penelitian lanjutan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 17 Jul 2019 00:59
Last Modified: 17 Jul 2019 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item View Item