Pengembangan dan Validasi Software Pelayanan Konseling Berbasis Android (KBA-KonselorQ Versi 1.0)

Sukmawati, Indah and Yusri, Yusri and Ardi, Zadrian (2018) Pengembangan dan Validasi Software Pelayanan Konseling Berbasis Android (KBA-KonselorQ Versi 1.0). Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_119_lapakh_PenelitianTerapanIndahSukmawati2018.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah menghadirkan arah dan fungsi baru dalam pola dan proses komunikasi antar individu. Komunikasi, psikologi dan teknologi yang saling berangkai tersebut menciptakan berbagai platform yang menjadi penunjang bagi kegiatan individu sehari-hari. Dalam hal ini, teknologi internet membuka kesempatan bagi siapa saja yang menginginkan layanan konseling baik berupa personal maupun bersifat informasi kesehatan mental. Pelayanan konseling yang selanjutnya disebut sebagai layanan konseling online ini mengalami perkembangan yang signifikan mengikuti perkembangan platform digital dengan potensi pengguna di seluruh dunia. Pengguna pelayanan konseling dengan memanfaatkan media internet sangat potensial untuk klien dengan umur 30 tahun ke bawah yang merupakan usia yang sangat produktif, dimana individu lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas-aktivitas tertentu seperti bekerja dan menempuh pendidikan. Sehingga, pelayanan konseling menggunakan media merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut. Berbagai riset mengemukakan bahwa lebih dari 70% remaja dengan rentang umur 12 hingga 18 tahun lebih senang menggunakan layanan konseling menggunakan media internet. Hasil tersebut juga mengungkapkan bahwa lebih dari separuh responden merasa lebih nyaman mengungkapkan masalah dan mencari solusi dengan menggunakan media tersebut. Namun, temuan-temuan terbaru menunjukkan bahwa pengembangan software khusus tentang informasi pelayanan konseling di Indonesia masih sangat jarang (hampir belum ada yang berjalan dengan baik) serta belum variatif menyesuaikan dengan platform terbaru, seperti Android. Sehingga belum ada software sejenis yang secara jelas memberikan pelayanan, baik bersifat informasi maupun hubungan interaksi dengan konselor menggunakan media internet. Kondisi ini mengindikasikan perlu adanya pengembangan software berbasis Android yang secara khusus menyediakan informasi konseling berikut beserta layanan yang dapat disediakan konselor secara real time. Selain itu, pengembangan software ini juga menjawab tantangan penyesuaian keilmuan dengan perkembangan teknologi sehingga dapat digunakan secara tepat guna dan memiliki nilai ekonomis di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang merupakan metode dasar dalam pengembangan suatu produk yang sebelumnya belum ada. Model pengembangan yang akan dijadikan dasar dalam kegiatan penelitian ini adalah model yang diadaptasi dari Waterfall Model, yang kemudian dimodifikasi sesuai kondisi dan kebutuhan penelitian pengembangan. Target yang akan dicapai pada penelitian ini adalah pengembangan prototype aplikasi pelayanan konseling berbasis Android serta publikasi pada jurnal maupun prosiding internasional. Pada penelitian tahun pertama ini ini telah tersusun prototype aplikasi dengan nama KONSELINE yang telah melalui tahap pengujian dan penilaian ahli. Aplikasi yang dikembangkan telah siap untuk diuji pada kelompok terbatas (pada konselor dan klien sebagai user) pada penelitian tahun kedua, diseminasi dalam kluster terbatas, perbaikan produk dan maintenance system.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 02:57
Last Modified: 31 May 2019 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item